3D Studio Max (sering juga
disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi atau animasi, diproduksi oleh Autodesk Media &
Entertainment Perangkat lunak
ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS , tetapi untuk platform Win32. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005adalah 7.
Fitur-fitur pada 3D Max
Fitur-fitur pada 3D Max
1.
MAXScript
MAXScript adalah built-in bahasa scripting yang dapat digunakan untuk mengotomatisasi tugas yang berulang, menggabungkan fungsi yang ada dengan cara baru, mengembangkan alat baru dan antarmuka pengguna, dan banyak lagi. Modul plugin dapat dibuat sepenuhnya dalam MAXScript.
MAXScript adalah built-in bahasa scripting yang dapat digunakan untuk mengotomatisasi tugas yang berulang, menggabungkan fungsi yang ada dengan cara baru, mengembangkan alat baru dan antarmuka pengguna, dan banyak lagi. Modul plugin dapat dibuat sepenuhnya dalam MAXScript.
2.
Karakter Studio
Karakter Studio adalah sebuah plugin yang sejak versi 4 Max sekarang terintegrasi dalam 3D Studio Max, membantu pengguna untuk menghidupkan karakter virtual. Sistem ini bekerja menggunakan rig karakter atau "Biped" kerangka yang memiliki pengaturan saham yang dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan karakter jerat fit dan kebutuhan animasi. Alat ini juga termasuk alat editing yang kuat untuk IK / FK switching, Pose manipulasi, Layers dan Keyframing alur kerja, dan berbagi data animasi di kerangka Biped berbeda. Ini "Biped" objek memiliki fitur berguna lainnya yang membantu mempercepat produksi siklus berjalan dan jalur gerakan, serta gerakan sekunder.
Karakter Studio adalah sebuah plugin yang sejak versi 4 Max sekarang terintegrasi dalam 3D Studio Max, membantu pengguna untuk menghidupkan karakter virtual. Sistem ini bekerja menggunakan rig karakter atau "Biped" kerangka yang memiliki pengaturan saham yang dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan karakter jerat fit dan kebutuhan animasi. Alat ini juga termasuk alat editing yang kuat untuk IK / FK switching, Pose manipulasi, Layers dan Keyframing alur kerja, dan berbagi data animasi di kerangka Biped berbeda. Ini "Biped" objek memiliki fitur berguna lainnya yang membantu mempercepat produksi siklus berjalan dan jalur gerakan, serta gerakan sekunder.
3. Scene
Explorer
Scene Explorer, sebuah tool yang menyediakan
tampilan hierarkis adegan data dan analisis, memfasilitasi
bekerja dengan adegan yang lebih kompleks. Adegan Explorer memiliki kemampuan untuk menyortir, filter, dan
pencarian adegan oleh
jenis objek atau properti (termasuk metadata). Ditambahkan
dalam 3ds Max 2008,
itu adalah komponen pertama untuk memfasilitasi NET kode dikelola dalam 3ds Max luar MAXScript.
4.
DWG
import
3ds Max mendukung impor dan menghubungkan file DWG. Peningkatan manajemen memori pada 3ds Max 2008 memungkinkan adegan yang lebih besar harus diimpor dengan beberapa objek.
3ds Max mendukung impor dan menghubungkan file DWG. Peningkatan manajemen memori pada 3ds Max 2008 memungkinkan adegan yang lebih besar harus diimpor dengan beberapa objek.
5.
Texture assignment/editing
3ds Max menawarkan operasi untuk tekstur kreatif dan pemetaan planar, termasuk ubin, mirroring, decals, sudut, memutar, blur, UV peregangan, dan relaksasi; Hapus Distortion; Pertahankan UV; dan ekspor template gambar UV. Tekstur alur kerja mencakup kemampuan untuk menggabungkan jumlah yang tidak terbatas tekstur, bahan / peta browser dengan dukungan untuk tugas drag-and-drop, dan hirarki dengan thumbnail. Fitur alur kerja UV termasuk pemetaan Pelt, yang mendefinisikan lapisan adat dan memungkinkan pengguna untuk terungkap Uvs menurut orang-orang jahitan; copy / bahan pasta, peta dan warna; dan akses ke jenis cepat pemetaan (kotak, silinder, bola).
3ds Max menawarkan operasi untuk tekstur kreatif dan pemetaan planar, termasuk ubin, mirroring, decals, sudut, memutar, blur, UV peregangan, dan relaksasi; Hapus Distortion; Pertahankan UV; dan ekspor template gambar UV. Tekstur alur kerja mencakup kemampuan untuk menggabungkan jumlah yang tidak terbatas tekstur, bahan / peta browser dengan dukungan untuk tugas drag-and-drop, dan hirarki dengan thumbnail. Fitur alur kerja UV termasuk pemetaan Pelt, yang mendefinisikan lapisan adat dan memungkinkan pengguna untuk terungkap Uvs menurut orang-orang jahitan; copy / bahan pasta, peta dan warna; dan akses ke jenis cepat pemetaan (kotak, silinder, bola).
6.
General keyframing
Dua keying mode - set kunci dan auto key - menawarkan dukungan untuk workflow keyframing berbeda.
Kontrol cepat dan intuitif untuk keyframing - termasuk potong, salin, dan paste - membiarkan pengguna membuat animasi dengan mudah. Animasi lintasan dapat dilihat dan diedit langsung di viewport.
Dua keying mode - set kunci dan auto key - menawarkan dukungan untuk workflow keyframing berbeda.
Kontrol cepat dan intuitif untuk keyframing - termasuk potong, salin, dan paste - membiarkan pengguna membuat animasi dengan mudah. Animasi lintasan dapat dilihat dan diedit langsung di viewport.
7. Constrained
animation
Benda dapat
animasi sepanjang kurva dengan
kontrol untuk penyelarasan, perbankan,
kecepatan, kelancaran, dan perulangan, dan
sepanjang permukaan dengan
kontrol untuk penyelarasan. Berat
jalan-dikontrol animasi
antara beberapa kurva, dan menghidupkan berat. Benda dapat dibatasi untuk
menghidupkan dengan obyek lain dalam
banyak cara - termasuk melihat, orientasi dalam ruang koordinat yang berbeda, dan menghubungkan pada
berbagai titik dalam waktu. Kendala ini
juga mendukung pembobotan
animasi antara lebih
dari satu target.
Semua dihasilkan animasi dibatasi dapat runtuh ke keyframes standar untuk pengeditan lebih lanjut.
Semua dihasilkan animasi dibatasi dapat runtuh ke keyframes standar untuk pengeditan lebih lanjut.
8. Skinning
Skin atau pengubah Physique dapat
digunakan untuk mencapai kontrol
tepat deformasi tulang, sehingga karakter deformasi
lancar sebagai sendi
bergerak, bahkan di daerah yang paling menantang, seperti bahu. Deformasi
kulit dapat dikontrol dengan menggunakan bobot simpul langsung, volume
simpul didefinisikan oleh amplop, atau keduanya.
Kemampuan seperti tabel berat badan, bobot paintable, dan tabungan dan pemuatan bobot menawarkan editing yang mudah dan mentransfer berbasis kedekatan antara model, menyediakan akurasi dan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk karakter rumit.
Pilihan mengikat menguliti kaku berguna untuk menghidupkan model low-poligon atau sebagai alat diagnostik untuk animasi kerangka biasa.
Pengubah tambahan, seperti Skin Wrap and Skin Morph, dapat digunakan untuk menggerakkan jerat dengan jerat lain dan membuat penyesuaian bobot yang ditargetkan di daerah sulit.
Kemampuan seperti tabel berat badan, bobot paintable, dan tabungan dan pemuatan bobot menawarkan editing yang mudah dan mentransfer berbasis kedekatan antara model, menyediakan akurasi dan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk karakter rumit.
Pilihan mengikat menguliti kaku berguna untuk menghidupkan model low-poligon atau sebagai alat diagnostik untuk animasi kerangka biasa.
Pengubah tambahan, seperti Skin Wrap and Skin Morph, dapat digunakan untuk menggerakkan jerat dengan jerat lain dan membuat penyesuaian bobot yang ditargetkan di daerah sulit.
9. Skeletons and inverse kinematics (IK)
Karakter dapat dicurangi dengan kerangka
kustom menggunakan 3ds Max tulang, IK pemecah,
dan alat-alat didukung oleh data Tangkap gerak kecurangan.
Semua alat animasi - termasuk ekspresi, script, daftar controller, dan kabel - dapat digunakan bersama dengan satu set utilitas khusus untuk tulang untuk membangun rig struktur apapun dan dengan kontrol kustom, sehingga animator hanya melihat UI yang diperlukan untuk mendapatkan karakter mereka animasi.
Empat plug-in IK pemecah kapal dengan 3ds Max: sejarah-independen solver, tergantung sejarah solver, pemecah tungkai, dan spline IK solver. Ini pemecah kuat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat karakter animasi berkualitas tinggi. Sejarah-independen solver memberikan campuran halus antara IK dan FK animasi dan menggunakan sudut disukai untuk memberikan animator kontrol lebih besar atas posisi tulang yang terkena.
Dependen sejarah solver dapat memecahkan dalam batas bersama dan digunakan untuk mesin-seperti animasi. IK ekstremitas adalah pemecah dua-tulang ringan, dioptimalkan untuk real-time interaktivitas, ideal untuk bekerja dengan lengan karakter atau kaki. Spline IK solver menyediakan sistem animasi yang fleksibel dengan node yang dapat dipindahkan di mana saja di ruang 3D. Hal ini memungkinkan untuk animasi efisien rantai tulang, seperti tulang belakang karakter atau ekor, dan termasuk sentuhan and roll kontrol digunakan mudah.
Semua alat animasi - termasuk ekspresi, script, daftar controller, dan kabel - dapat digunakan bersama dengan satu set utilitas khusus untuk tulang untuk membangun rig struktur apapun dan dengan kontrol kustom, sehingga animator hanya melihat UI yang diperlukan untuk mendapatkan karakter mereka animasi.
Empat plug-in IK pemecah kapal dengan 3ds Max: sejarah-independen solver, tergantung sejarah solver, pemecah tungkai, dan spline IK solver. Ini pemecah kuat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat karakter animasi berkualitas tinggi. Sejarah-independen solver memberikan campuran halus antara IK dan FK animasi dan menggunakan sudut disukai untuk memberikan animator kontrol lebih besar atas posisi tulang yang terkena.
Dependen sejarah solver dapat memecahkan dalam batas bersama dan digunakan untuk mesin-seperti animasi. IK ekstremitas adalah pemecah dua-tulang ringan, dioptimalkan untuk real-time interaktivitas, ideal untuk bekerja dengan lengan karakter atau kaki. Spline IK solver menyediakan sistem animasi yang fleksibel dengan node yang dapat dipindahkan di mana saja di ruang 3D. Hal ini memungkinkan untuk animasi efisien rantai tulang, seperti tulang belakang karakter atau ekor, dan termasuk sentuhan and roll kontrol digunakan mudah.
10. Integrated Cloth solver
Selain reaktor
pengubah kain, 3ds
Max software memiliki
mesin kain-simulasi terpadu yang memungkinkan pengguna untuk mengubah hampir semua objek 3D menjadi
pakaian, atau membangun pakaian
dari awal. Pemecahan Tabrakan cepat dan
akurat bahkan dalam simulasi yang kompleks.
Simulasi lokal memungkinkan seniman menggantungkan kain secara real time untuk mendirikan negara pakaian awal sebelum pengaturan kunci animasi.
Simulasi kain dapat digunakan bersama dengan 3ds Max lain kekuatan dinamis, seperti Space Warps. Beberapa sistem kain independen dapat animasi dengan benda-benda dan kekuatan mereka sendiri. Data kain deformasi dapat di-cache ke hard drive untuk memungkinkan iterasi tak rusak dan untuk meningkatkan kinerja pemutaran.
Simulasi lokal memungkinkan seniman menggantungkan kain secara real time untuk mendirikan negara pakaian awal sebelum pengaturan kunci animasi.
Simulasi kain dapat digunakan bersama dengan 3ds Max lain kekuatan dinamis, seperti Space Warps. Beberapa sistem kain independen dapat animasi dengan benda-benda dan kekuatan mereka sendiri. Data kain deformasi dapat di-cache ke hard drive untuk memungkinkan iterasi tak rusak dan untuk meningkatkan kinerja pemutaran.
11. Integration
with Autodesk Vault
Autodesk Vault plug-in, yang kapal
dengan 3ds Max, mengkonsolidasikan
3ds pengguna aset
Max dalam satu lokasi, yang memungkinkan mereka untuk secara otomatis
melacak file dan
mengelola pekerjaan yang sedang berjalan. Pengguna dapat dengan mudah dan aman berbagi,
menemukan, dan menggunakan
kembali 3ds Max (dan
desain) aset dalam produksi atau visualisasi skala
besar lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar